Perlunya Jasa Mandor Kontraktor untuk Kuasai SKK Mandor Konstruksi

SMKN 2 Jember
0

 Oleh:

Sayyid Muhamad Alwi
Guru Departemen Bangunan SMKN 2 Jember




Apa yang kalian ketahui tentang mandor? Ya mandor adalah pelaksana tugas pekerjaan konstruksi pada bagian pekerjaan tertentu. Maka, mandor artinya hanya memenuhi tanggung jawab pada pelaksanaan pekerjaan bidang konstruksi tertentu. Misal bertanggung jawab pada pelaksanaan pekerjaan konstruksi batu, maka dinamakan mandor proyek bidang batu. Demikian untuk mandor pada bidang pekerjaan konstruksi yang lain.
Mandor konstruksi sangat penting dalam bagian pelaksanaan pekerjaan proyek konstruksi. Karena mandor ini akan menjadi bagian penting dalam pekerjaan mandor kontraktor. Karena mandor kontraktor adalah penanggung jawab pada pelaksanaan proyek. Maka, posisi seorang mandor sangat strategis, dimana kontrak mandor sangat menarik. Selain mendapatkan pendapatan yang besar, juga bonus jika pekerjaan diselesaikan akan mendapatkan pendapatan yang besar pula. Gaji mandor kontraktor berbeda-beda tergantung dari kota dimana pekerjaan konstruksi itu berasal. Jika mengaca pada mandor konstruksi di Kota Besar, seperti DKI Jakarta bisa mencapai dua digit beserta bonus.
Maka, mandor proyek adalah menjadi pilihan yang baik untuk menata masa depan. Oleh karena itu, diperlukan kemampuan dalam memahami pekerjaan mandor. Acuan baku untuk menjadi mandor proyek adalah SKKNI Mandor Konstruksi, atau lebih tepatnya SKKK Mandor Konstruksi. Karena sudah ditetapkan secara khusus oleh Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia. Karena mandor dan supervisor termasu ke dalam manajemen tingkat pada piramida organisasi proyek konstruksi. Materi kali ini, akan membahas bagian penting dari pekerjaan mandor proyek konstruksi.



Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)